Wednesday 13 March 2013

【Sumber Protein Yang Baik Bagi Tubuh】


Sumber protein dapat kita peroleh melalui banyak sumber seperti daging, susu, telur, kacang-kacangan, ikan, quark, dll. Makanan yang mengandung protein sangat diperlukan oleh tubuh kita. Secara ilmiah protein merupakan senyawa yang terdiri dari molekul-molekul pembentuk asam amino. Dan berperan sebagai alat transportasi hara, antibodi dan sumber energi setelah karbohidrat. Tentunya anda juga membutuhkan protein untuk tubuh anda.

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi Diperlukan Tubuh

Peran protein sangat penting dalam tubuh kita. sehingga amat disarankan untuk kita mengkonsumsi sumber protein dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Pada orang dewasa dibutuhkan 1 gram protein per setiap kilo berat tubuhnya. Ini berarti pada orang dewasa dengan berat tubuh 50kg memerlukan protein setidaknya 50 gram setiap hari. Untuk mendapat asupan protein yang cukup kita memerlukan makanan yang mengandung protein tinggi. Banyak sekali makanan-makanan yang dapat kita temukan baik di pasar, supermarket, bahkan memetiknya sendiri dari ladang sayur dan buah anda.

Sumber Protein Yang Paling Baik

Sumber protein dapat dibagi menjadi dua yaitu sumber protein hewani dan sumber protein nabati. Sumber protein hewani diperoleh melalui daging, telur, dan semua yang berasal dari hewan. Sedangkan nabati berasal dari produk sayur sayuran seperti kacang kacangan, susu kedelai. Sebaiknya kita lebih banyak mengkonsumsi protein nabati karena menurut penelitian, biokimia di universitas Yale 1914. Protein hewani cenderung lebih meningkatkan berat tubuh pengkonsumsinya. Memang sebagian besar produk hewani juga mengandung banyak kolesterol atau lemak jahat yang tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Sedangkan protein nabati justru lebih bisa memperpanjang umur yang mengkonsumsinya dengan teratur.

Kekurangan protein bisa mngakibatkan beberapa masalah mulai dari masalh ringan rambut yaitu kerontokan, hingga masalah kwasiokor dan merasmus yang dapat mengakibatkan kematian pada anak kecil. Sehingga asupan protein dalam tubuh harus cukup namun jangan sampai berlebihan juga karena akan menimbulkan masalah obesitas dan perubahan genetika. Maka kita harus lebih selektif memilih sumber protein yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh kita.

Ringkasan: Sumber protein nabati lebih aman dikonsumsi dalam jumlah banyak dari pada protein hewani.

No comments:

Post a Comment